Langsung ke konten utama

#09 Terjemah Tarikhu al-Nabi Muhammad SAW








"Terjemah Tarikhu al-Nabi Muhammad SAW"

Oleh KH. Ahmad Abdul Hamid Kendal

Adalah kitab terjemah tentang sejarah hidup kanjeng Nabi Muhammad SAW yang ditulis oleh salah seorang ulama asal Kendal, KH. Ahmad Abdul Hamid Kendal. Tidak dijelaskan secara detail oleh pengarang apakah kitab ini terjemah dari kitab berbahasa Arab atau murni kalangan beliau. Mengingat dalam judulnya tertulis terjemah. Dalam muqodimahnya beliau hanya menyebut, "kulo aturaken dumateng poro sederek. Terjemah Ikhtishor Tarikhipun junjungan kito kanjeng Nabi Muhammad SAW."

Beliau adalah kepala Kemenag kabupaten Kendal. Aku ketahui saat mewakili pondok ketika mendapat undangan menghadiri acara di aula lantai dua gedung itu. Dari potretnya yang aku lihat di gedung itu aku menerka kalau perawakan beliau sedang agak kurus. Wajahnya nampak segar dan meneduhkan.

Satu tulisan yang pernah aku baca beliau selain seorang ulama besar dengan jumlah karangan yang tidak sedikit dari berbagai bidang ilmu keagamaan juga seorang olahragawan.

Kitab ini diterbitkan oleh Penerbit Thoha Putra Kauman 4 Semarang dengan tebal 141 halaman selain halaman muqodimah dan sampul. Selain penerbit Menara Kudus kitab-kitab karangan beliau juga banyak yang diterbitkan oleh penerbit Thoha Putra Semarang.

Kitab ini selesai ditulis tahun 25 April 1963 yang ditulis ulang untuk penerbitan oleh Muhtar Sya'roni. Diberi sambutan dengan bahasa Jawa oleh yang mulia bapak menteri agama KH. Saifuddin Zuhri, ayahanda KH. Lukman Hakim Sifuddin. Menteri agama sebelum yang sekarang. Dalam sambutannya beliau menyebut sangat pentingnya belajar tarikh. Karena dalam mempelajarinya kita dapat memetik hikmah yang terkandung di dalamnya agar kita bisa meniru perilaku yang terkandung di dalamnya, terkhusus perilaku kanjeng Nabi. Beliau juga berpesan bahwa mempelajari tarikh tidak hanya sekedar menghapal tahun, hari dan tanggalnya saja. Akan tetapi yang lebih utama kita dapat mengambil natijah dan hikmah sebagai pedoman pada masa revolusi untuk membangun bangsa dan negara.

Selanjutnya di dalam muqodimah beliau, pengarang kitab menjelaskan bahwa kanjeng Nabi Muhammad SAW adalah pemimpin alam semesta yang segala perilaku dan tindakannya menjadi suri tauladan yang baik. Agar kita sebagai manusia dapat mengikuti berilaku dan tindakannya.

Bab-bab yang terkandung di dalamnya terbilang lengkap yang meliputi pembahasan singkat ilmu tarikh, tindak lampahipun tiang Arab sakderengipun Islam, agamanipun tiang Arab sakderengipun kautuse kanjeng nabi Muhammad SAW, nasab-ipun kanjeng Nabi, babaranipun kanjeng Nabi, kanjeng Nabi angon mendo, tindaipun kanjeng Nabi dateng negori Syam ingkang kawitan, perang Fijar, kanjeng Nabi dados anggota perkumpulan Khilfu al-Fudhul, tindaipun kanjeng Nabi dateng negari Syam ingkang kaping kalih, Dahupipun kanjeng Nabi pikantuk Siti Khodijah, ambangun Ka'bah, temurunipun wahyu ingkang kawitan, telatipun temurune wahyu, temuruning wahyu malih, tabligh kaliyan samar, tabligh kaliyan terang-terangan, kanjeng Nabi dipun ejek kedamel sakit, pinten-pinten penganiyayaan tuwin hinaan kaum musyrikin dateng sebagian poro sohabatipun kanjeng Nabi, sikapipun kaum musyrikin dateng kanjeng Nabi, Islamipun Syaidina Hamzah, hijroh dateng negari Habasyah ingkang sepisan tahun gangsal sangking kenabian, Islamipun Syaidina Numar Ibnu Khotob, tiang kafir Quraisy boikot kaum muslimin, hijroh dateng negri Habasyah ingkang kaping kalih tahun pitu sangking kenabian, batalaken pemboikotan, atusan Najron tahun sedoso sangking kenabian, sedanipun siti Khodijah, kanjeng Nabi nggarwo Siti Saudah, nggarwo dateng Siti 'Aisyah, hijroh dateng Thoif tahun sedoso sangking kenabian, utusan sangking qobilah Dous, Isra' Mi'raj, dakwahipun kanjeng Nabi dateng tiang luar kota Mekkahwiwitan Islamipun sohabat Ansor, al-'Aqobah al-'Ula, al-'Aqobah al-Tsaniah, hijrohipun kaum Muslimin dateng Madinah, Daru al-Nadwah, hijrohipun kanjeng Nabi dateng Madinah, persatuanipun tiang Yahudi tuwin munafik, dipun idzini perang, ngalihipun qobilah, perang Badr, perang Uhud, perang Qondaq /Ahzab, perang Hunain, perjanjian lirih wonten perang Hudaibiyah, ghozwatu al-Fathi, Haji Wada', kanjeng Nabi ngintonaken utusan, kanjeng Nabi milalhigerah, wafatipun kanjeng Nabi, akhlakuhu wa adabuhu shollallahu alaihi wasallammu'jizatuhu shollallahu alaihi wasallah.

Sekian

Kendal, 19-02-2020

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kitab Fasholatan; Kita dan Pelajaran Praktik Sholat

Judul: Fasholatan Pengarang: KHR. Asnawi Penysun: Minan Zuhri Arif Penulis: Rodhi Arif Penerbit: Menara Kudus Tebal Kitab:100 Halaman Cetakan Pertama: 1375 Sumber: dokumen pribadi Aku memiliki kenangan akan pelajaran praktek sholat malam selasa semasa kecil. Kukira termasuk kau juga memiliki kenangan yang sama akannya. Namun, di sini yang ingin aku ceritakan adalah segurat kisahku saja. Ya. Kenanganku. Kenanganku akannya. Kisah tentang pelajaran praktek sholat malam selasa. Waktu itu, kami menyebutnya dengan ngaji sembahyang yang dilaksanakan setiap malam selasa. Malam-malam lain untuk belajar membaca Al-Qur'an. Untuk malam jum'at libur dan biasanya diisi pembacaan kitab Maulid Berjanji di masjid dan musholla-musholla. Di dalam belajar sholat aku masih ingat betul, bacaan-bacaan yang ada di dalam sholat aku peroleh dari sebuah kitab kecil bersampul hijau tentang tuntunan sholat dan bacaan-bacaan di dalam sholat beserta artinya dengan judul Fasholatan . ...

#3 Washoya al-Aba' li al-Abna' karya KH. Bisri Musthofa

 Sumber; Pribadi Judul: Washoya al-Aba' li al-Abna' Pengarang: KH. Bisri Musthofa Penerbit: Menara Kudus Cetakan:- Tebal: 46 Halaman Dalam dunia pesantren pengajaran akhlaq sangat ditekankan karena akhlaq sebagai pondasi pelajar dalam bersikap dan berperilaku selama ia menuntut ilmu. Bahkan ada sebuah ungkapan bahwa akhlaq lebih utama dari ilmu, namun bukan berarti meniadakan ilmu itu sendiri. Karena yang paling utama adalah antara akhlaq dan ilmu harus berdampingan. Akhlaq biasanya mulai diajarkan di kelas-kelas paling dasar, karena akhlaq kelak sebagai bekal dalam menuntut ilmu bagi seorang pelajar. Akhlaq , adab, tata krama, budi pekerti, etika, atau penyebutan yang lainnya adalah suatu cabang dari filsafat yang membahas tentang perilaku manusia secara individu dilihat dari baik-buruknya. Jika perilaku manusia secara masal atau banyak disebut dengan politik. Dalam khasanah pesantren sangat banyak kitab-kitab yang membahas tentang akhlaq, mulai dari kitab...

#4 Badiu al-Hikayah-Kyai Zubaidi Hasbullah

Sumber; Pribadi Judul: Badi al-Hikayaah Pengarang: Zubaidi Hasbullah Penerbit: al-Munawwar Semarang Tebal: 98 Halaman Cetakan: 1967M/1387H Cerita adalah salah satu metode pembelajaran di dalam dunia pendidikan. Secara nalurian dan alam bawah sadar manusia senang mendengar cerita, apalagi bagi mereka anak-anak. Anak yang di dalam keluarganya dibesarkan dengan buaian cerita menjelang tidurnya atau sering diceritakan kisah-kisah oleh anggota keluarganya akan sangat membekas baginya di kemudian kelak. Hampir setiap peradaban memiliki tradisi bercerita, baik lisan maupun tulisan. Hal ini karena cerita merupakan refleksi dari kejadian-kejadian nyata yang dapat diambil pelajaran dan hikmah darinya. Pun demikian di dalam dunia Islam. Dunia Islam sangat erat dengan cerita-cerita. Hal ini dapat dilihat di dalam al-Qur’an sendiri sebagai sumber rujukan pertama agama islam yang banyak sekali memuat cerita-cerita. Di antara cerita yang dimaksud adalah cerita-cerita nabi terdahu...